Pages

Tuesday, December 13, 2011

Pameran Komputer yang Tak Seberani Jogja

APKOM YEAR END


SEMARANG-Sebuah event besar bertajuk APKOM YEAR END telah tiba di kota Semarang setelah sebelumnya diadakan di kota Jogja pada tanggal 3-7 Desember 2011. Event ini merupakan acara pameran komputer tahunan yang secara rutin diadakan secara bergulir di beberapa kota besar Indonesia.
Pada tanggal 8-13 Desember 2011, giliran kota Semarang yang menjadi tempat tujuan pameran ini. Bertempat di Java Mall, pameran komputer yang melibatkan puluhan stand peserta pameran ini diminati oleh masyarakat Semarang.
Peserta pameran APKOM YEAR END tidak hanya diisi oleh perusahaan-perusahaan produsen laptop dan komputer terkenal, beberapa stand juga tampak digunakan oleh para penjual aksesoris komputer yang memiliki toko di kota Semarang seperti Toko Angkasa yang berlokasi tepat di belakang RS. Roemani dan Nafiri yang berlokasi di kawasan Ngesrep Tembalang.

Pengunjung Java Mall ditawarkan dengan patokan harga yang cukup murah dibandingkan harga non-pameran. Namun sayang, harga komputer, laptop, dan aksesorisnya dalam pameran kali ini tidak begitu berbeda dengan pameran-pameran bertajuk lain yang diadakan di Semarang sebelumnya.


Pameran komputer ini juga terbilang minim hadiah. Bisa kita bandingkan dengan event yang diadakan di Jogja, dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja pengunjung sudah diberikan souvenir berupa optical mouse dan patokan harga berbagai barang di pameran yang cukup berani menurunkan harganya.


Jogja memanglah kota pelajar, mungkin itulah strategi penjual komputer disana dengan menurunkan harga cukup signifikan. Padahal di Semarang juga tidak jauh berbeda. Dengan banyaknya perguruan tinggi di Semarang, pameran akhir tahun yang dapat dibilang untuk cuci gudang tersebut harusnya berani memberikan harga yang jauh lebih murah dibanding biasanya.


Sayang sekali…



(Ghanes Eka Putera D2C009016)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More